Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi guru
tahfidz (Variabel X) terhadap prestasi belajar siswa (Variabel
Y).
Dalam pengumpulan data menggunakan angket untuk
motivasi guru tahfidz dan untuk mengukur prestasi belajar
dengan mencantumkan nilai tahfidz pada semester genap tahun
ajaran 2015/2016.
Tehnik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah interpretasi secara sederhana dan interpretasi dengan
product momentyang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara motivasi guru tahfidz dengan pestasi
belajar siswa. Hal itu dibuktikan oleh nilai rxy = 0,901 lebih
besar dari pada nilai rtabel baik pada taraf signifikan 5% =
0,273 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,354.
Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara
motivasi guru tahfidz terhadap prestasi belajar siswa.