Abstract:
Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pembiasaan
nilai-nilai religius sejak usia dini, khususnya melalui kegiatan harian di TKIT
Akila Depok. Salah satu pembiasaan yang diterapkan adalah pengenalan
Asmaul Husna melalui metode bernyanyi, yang rutin dilakukan dalam
pembelajaran. Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan anak pada namanama Allah, tetapi juga membantu menumbuhkan rasa cinta kepada Tuhan,
memperkuat pemahaman tentang sifat-sifat-Nya, dan mendorong munculnya
perilaku religius dalam keseharian anak.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data
dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini terdiri dari 3 informan, yaitu: Kepala Sekolah dan 2 Guru kelas
Tk B, TKIT Akila Depok. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data selanjutnya penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini berupa pembiasaan bernyanyi Asmaul Husna di
TKIT Akila Depok terbukti sebagai metode yang menyenangkan dan efektif
dalam menanamkan nilai keimanan kepada Allah SWT pada anak usia dini.
Melalui lagu yang ceria dan diulang secara rutin, anak-anak lebih mudah
mengenal, menghafal, dan memahami makna Asmaul Husna, yang turut
membentuk sikap positif seperti kejujuran, kasih sayang, dan kesabaran.
Kegiatan ini dilaksanakan secara konsisten setiap hari dan diperkuat dengan
aktivitas penunjang seperti mewarnai dan doa bersama. Selain mendekatkan
anak pada nilai-nilai spiritual, metode ini juga melatih keterampilan motorik,
kerja sama, dan kreativitas. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada aspek
kognitif, tetapi juga membentuk karakter dan kebiasaan baik sejak dini,
sehingga memberikan dampak positif dalam pembentukan fondasi keimanan
dan akhlak mulia anak.