DSpace Repository

Pelaksanaan Pembiasaan Metode Bernyanyi Asmaul Husna dalam Menanamkan Nilai Keimanan Anak Usia Dini Di TKIT Akila Depok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Faza Karimatul Akhlak
dc.contributor.author Latifah Isnaenur Rohman, 21320083
dc.date.accessioned 2025-11-26T08:10:56Z
dc.date.available 2025-11-26T08:10:56Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4400
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pembiasaan nilai-nilai religius sejak usia dini, khususnya melalui kegiatan harian di TKIT Akila Depok. Salah satu pembiasaan yang diterapkan adalah pengenalan Asmaul Husna melalui metode bernyanyi, yang rutin dilakukan dalam pembelajaran. Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan anak pada namanama Allah, tetapi juga membantu menumbuhkan rasa cinta kepada Tuhan, memperkuat pemahaman tentang sifat-sifat-Nya, dan mendorong munculnya perilaku religius dalam keseharian anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 informan, yaitu: Kepala Sekolah dan 2 Guru kelas Tk B, TKIT Akila Depok. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa pembiasaan bernyanyi Asmaul Husna di TKIT Akila Depok terbukti sebagai metode yang menyenangkan dan efektif dalam menanamkan nilai keimanan kepada Allah SWT pada anak usia dini. Melalui lagu yang ceria dan diulang secara rutin, anak-anak lebih mudah mengenal, menghafal, dan memahami makna Asmaul Husna, yang turut membentuk sikap positif seperti kejujuran, kasih sayang, dan kesabaran. Kegiatan ini dilaksanakan secara konsisten setiap hari dan diperkuat dengan aktivitas penunjang seperti mewarnai dan doa bersama. Selain mendekatkan anak pada nilai-nilai spiritual, metode ini juga melatih keterampilan motorik, kerja sama, dan kreativitas. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga membentuk karakter dan kebiasaan baik sejak dini, sehingga memberikan dampak positif dalam pembentukan fondasi keimanan dan akhlak mulia anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject pembiasaan en_US
dc.subject nilai keimanan en_US
dc.subject metode bernyanyi en_US
dc.subject Asmaul Husna en_US
dc.subject anak usia dini en_US
dc.title Pelaksanaan Pembiasaan Metode Bernyanyi Asmaul Husna dalam Menanamkan Nilai Keimanan Anak Usia Dini Di TKIT Akila Depok en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account