Abstract:
TKIT At-Taqwa Garuda Tangerang mempunyai banyak program
ekstrakurikuler salah satu diantaranya yaitu program Tahfiz Al-Qur’an.
Program ini dibuat agar siswa-siswi TKIT At-Taqwa Garuda mempunyai
wadah untuk menampung hafalan Al-Qur’an dan sebagai bentuk dukungan
agar dapat meningkatkan hafalannya. Pelaksanaan program Tahfiz tersebut
perlu adanya upaya dan dorongan dari pihak sekolah maupun luar sekolah,
serta dukungan orang tua untuk menunjang pelaksanaan program ini dan
mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah:
untuk mengetahui pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur’an di
TKIT At-Taqwa Garuda. Untuk mengetahui hafalan Al-Qur’an yang
mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur’an di TKIT At-Taqwa
Garuda, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi hafalan anak di
TKIT At-Taqwa Garuda.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif
dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik
kesimpulan dan mengecek keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Ekstrakurikuler
Tahfiz di TKIT At-Taqwa dilaksanakan dengan cara saat memulai kegiatan
yakni membaca do’a, muroja’ah bersama secara serempak, dan siswa di tes
hafalannya satu persatu menggunakan metode talaqqi. Kegiatan
ekstrakulikuler ini sangat bermanfaat dan berperan dalam meningkatkan
hafalan siswa. Anak-anak mengalami perkembangan yang signifikan dalam
kemampuan menghafal Al-Qur'an. Hal ini diukur dan dikuatkan melalui
indikator kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, yaitu:
kelancaran, ketepatan tajwid dan makhrajnya. Faktor yang mempengaruhi,
yaitu seperti bimbingan guru, metode pembelajaran yang variatif, kehadiran
anak, pendampingan orang tua, pemberian motivasi, serta lingkungan yang
kondusif menjadikan kegiatan ini efektif dalam meningkatkan hafalan anak.