DSpace Repository

Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz AlQur’an dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT At-Taqwa Garuda Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Istiqomah
dc.contributor.author Syalsya Anisa Hakim, 21320091
dc.date.accessioned 2025-11-26T08:13:07Z
dc.date.available 2025-11-26T08:13:07Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4401
dc.description.abstract TKIT At-Taqwa Garuda Tangerang mempunyai banyak program ekstrakurikuler salah satu diantaranya yaitu program Tahfiz Al-Qur’an. Program ini dibuat agar siswa-siswi TKIT At-Taqwa Garuda mempunyai wadah untuk menampung hafalan Al-Qur’an dan sebagai bentuk dukungan agar dapat meningkatkan hafalannya. Pelaksanaan program Tahfiz tersebut perlu adanya upaya dan dorongan dari pihak sekolah maupun luar sekolah, serta dukungan orang tua untuk menunjang pelaksanaan program ini dan mencapai target hafalan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur’an di TKIT At-Taqwa Garuda. Untuk mengetahui hafalan Al-Qur’an yang mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz Al-Qur’an di TKIT At-Taqwa Garuda, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi hafalan anak di TKIT At-Taqwa Garuda. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan mengecek keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tahfiz di TKIT At-Taqwa dilaksanakan dengan cara saat memulai kegiatan yakni membaca do’a, muroja’ah bersama secara serempak, dan siswa di tes hafalannya satu persatu menggunakan metode talaqqi. Kegiatan ekstrakulikuler ini sangat bermanfaat dan berperan dalam meningkatkan hafalan siswa. Anak-anak mengalami perkembangan yang signifikan dalam kemampuan menghafal Al-Qur'an. Hal ini diukur dan dikuatkan melalui indikator kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini, yaitu: kelancaran, ketepatan tajwid dan makhrajnya. Faktor yang mempengaruhi, yaitu seperti bimbingan guru, metode pembelajaran yang variatif, kehadiran anak, pendampingan orang tua, pemberian motivasi, serta lingkungan yang kondusif menjadikan kegiatan ini efektif dalam meningkatkan hafalan anak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Ekstrakurikuler Tahfiz en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfiz AlQur’an dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT At-Taqwa Garuda Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account