Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keteladanan orang tua mempengaruhi akhlak siswa kelas 5 di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara saat di rumah, menganalisa peran guru PAI mempengaruhi pembentukan akhlak siswa kelas 5 di sekolah tersebut, dan menganalisa orang tua dan guru mempengaruhi pembentukan akhlak siswa kelas 5 di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan sampel jenuh yang artinya adalah seluruh siswa kelas 5 di SD Islam Al- Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara yang berjumlah 102 siswa yang menjadi sampel penelitian ini. Pengumpulan data dengan cara menyebar angket atau kuesioner kepada siswa kelas 5 dan pengambilan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa keteladanan orang tua dan keteladanan guru berpengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan berdasarkan: (1) Nilai signifikasi untuk pengaruh X1 (keteladanan orang tua) terhadap Y (akhlak) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan jika dilihat dari nilai t hitung 3.955 > 1,984 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Nilai signifikasi yakni pengaruh X2 (keteladanan guru) terhadap Y (akhlak) adalah sebesar 0,003 < 0,05, maka H0 ditolak dan jika dilihat dari nilai t hitung 2.952 > 1,984 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dan (3) nilai koefisien detrminasi Ada pada nilai R Square sebesar 0,493, hal ini memuat arti bahwsanya terdapat pengaruhyang simulatan antara variabel X1 (motivasi menghafal) dan X2 (metode menghafal) terhadap variabel Y (kualitas hafalan) yakni 24,3%. Serta sisanya 75,7% pengaruh
dari variabel lain di luar penelitian ini.