DSpace Repository

Pengaruh Keteladanan Orang Tua dan Guru Terhadap Akhlak Siswa di SD Islam Al Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet
dc.contributor.author Lia Nurul Fauziah, 223430376
dc.date.accessioned 2025-11-26T09:37:37Z
dc.date.available 2025-11-26T09:37:37Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4411
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keteladanan orang tua mempengaruhi akhlak siswa kelas 5 di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara saat di rumah, menganalisa peran guru PAI mempengaruhi pembentukan akhlak siswa kelas 5 di sekolah tersebut, dan menganalisa orang tua dan guru mempengaruhi pembentukan akhlak siswa kelas 5 di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan sampel jenuh yang artinya adalah seluruh siswa kelas 5 di SD Islam Al- Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara yang berjumlah 102 siswa yang menjadi sampel penelitian ini. Pengumpulan data dengan cara menyebar angket atau kuesioner kepada siswa kelas 5 dan pengambilan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa keteladanan orang tua dan keteladanan guru berpengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan berdasarkan: (1) Nilai signifikasi untuk pengaruh X1 (keteladanan orang tua) terhadap Y (akhlak) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan jika dilihat dari nilai t hitung 3.955 > 1,984 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Nilai signifikasi yakni pengaruh X2 (keteladanan guru) terhadap Y (akhlak) adalah sebesar 0,003 < 0,05, maka H0 ditolak dan jika dilihat dari nilai t hitung 2.952 > 1,984 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dan (3) nilai koefisien detrminasi Ada pada nilai R Square sebesar 0,493, hal ini memuat arti bahwsanya terdapat pengaruhyang simulatan antara variabel X1 (motivasi menghafal) dan X2 (metode menghafal) terhadap variabel Y (kualitas hafalan) yakni 24,3%. Serta sisanya 75,7% pengaruh dari variabel lain di luar penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana IIQ Jakarta en_US
dc.subject Keteladanan Orang Tua en_US
dc.subject Keteladanan Guru en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.title Pengaruh Keteladanan Orang Tua dan Guru Terhadap Akhlak Siswa di SD Islam Al Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account