DSpace Repository

Peningkatan Hasil Belajar Fiqih SMP Al-Manshuriyah Kembangan Jakarta Barat Kelas VII Dengan Metode Jigsaw

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliyah
dc.contributor.author Alisda Ali, 12311147
dc.date.accessioned 2020-01-23T03:48:02Z
dc.date.available 2020-01-23T03:48:02Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/442
dc.description.abstract Pendidikan di Indonesia pada saat ini masih ada beberapa yang didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengetahuan saat proses belajar mengajar berlangsung, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan sering dijumpai adanya beberapa permasalahan, di antaranya adalah kurangnya guru dalam menggunakan pendekatan dan metode yang tepat, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas dan cenderung pasif. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu pendekatan yang memberdayakan siswa, salah satunya adalah melalui pendekatan Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Cooperative Learning type Jigsaw terhadap hasil belajar Fiqih pada materi shalat dalam keadaan terdesak di kelas VII SMP Al- Manshuriyah Kembangan Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Grop Pre-Test and Post-Test Design. Sampel yang pertama berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Sampel yang ke-dua berjumlah 20 siswa untuk kelas control dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 15 soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis pada penelitian ini adalah uji-T. Berdasarkan hasil perhitungan uji-T diperoleh thitung = 2,286 dan ttabel = 2,024, dengan taraf signifikan 5%, yang berarti thitung>ttabel (2,286 > 2,024), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran cooperative learning type Jigsaw terhadap hasil belajar fiqih siswa di kelasVII SMP Al-Manshuriyah Kembangan Jakarta Barat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peningkatan, Belajar, Fiqih, Metode Jigsaw en_US
dc.title Peningkatan Hasil Belajar Fiqih SMP Al-Manshuriyah Kembangan Jakarta Barat Kelas VII Dengan Metode Jigsaw en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account