Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data, bagaimana peran Guru
Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan pada siswa
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Azkar Pamulang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru Agama Islam sangatlah
penting dalam menanamkan serta meningkatkan kedisiplinan siswa, tanpa
dukungan kuat dari guru Agama Islam kedisiplinan kurang dalam
penerapannya. Di butuhkan kesabaran yang tinggi untuk tercapainya suatu
tujuan bersama agar penerapan pendidikan kedisiplinan tercapai dengan baik
dan benar sesuai dengan yang di harapkan. Di samping memperbaiki akhlak
siswa, menigkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. penanaman nilai-nilai
kedisiplinan juga menjadi peran dan tanggung jawab besar guru Pendidikan
Agama Islam. Kajian ini menggunakan metode penelitian deskriptifkuantitatif,
Adapun langkah-langkah yang di tempuh saat penelitian yaitu
menggunakan tehnik observasi, wawancaara mendalam, serta dokumentasi
yang mendukung dan berkaitan dengan objek penelitian metode ini di
maksudkan untuk mendeskripsikan masalah yang sedang dibahas secara
teratur. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah penerapan
kedisiplinan siswa sudah baik. Sebagian besar siswa telah menerapkan
beberapa kedisiplinan seperti sampai di sekolah sebelum bel berbunyi, salim
ketika bertemu guru, memberi salam, berpakaian rapih, tertib dalam kelas,
mengikuti pembelajaran sampai selesai dan disiplin lainnya. Adapun kendala
yang di hadapi adalah tidak dapat menfokuskan segala perhatian hanya untuk
meningkatkan kedisiplinan semata dan membutuhkan waktu supaya disiplin
benar-benar tertanam dalam diri siswa. Dengan demikian hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa guru Agama Islam sangat berperan dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa.