Abstract:
Di dalam pembelajaran, Kedisiplinan merupakan hal
yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh berbagai pihak
terutama dalam Institusi pendidikan. Kepala sekolah dan wali
kelas memegang peranan yang sangat penting dalam
mengupayakan kedisiplinan peserta didik agar proses
pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah jenis penelitian kualitatif dan penelitian ini ingin
mencari makna kontekstual secara menyeluruh (holistic)
berdasarkan fakta-fakta (tindakan, ucapan, sikap,dsb) yang
dilakukan subjek penelitian dalam latar alamiah secara emic,
menurut yang dikonstruk subjek penelitian untuk membangun
teori (nomoterik, mencari hukum keberlakuan umum).
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kerjasama
kepala sekolah dan wali kelas dalam upaya menerapkan
kedisiplinan peserta didik pada proses pembelajaran dapat
berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari daftar kehadiran
dan prestasi nilai peserta didik yang baik.