DSpace Repository

Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Mengenai Kurikulum Pendidikan Islam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Syafi’ie Noor
dc.contributor.author Nurul Fitriani, 12311172
dc.date.accessioned 2020-01-23T04:57:53Z
dc.date.available 2020-01-23T04:57:53Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/460
dc.description.abstract Sebuah lembaga pendidikan akan berhasil karena dengan adanya suatu rancangan yang baik ialah memiliki kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Sedangkan kurikulum di Indonesia sudah mengalami 9 kali perubahan akan tetapi tidak ada perubahan yang signifikan. Salah satu seorang syed pendidikan Islam yang membahas mengenai kurikulum pendidikan Islam ialah Syed Muhammad Naquib al-Attas. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dalam kategori studi tokoh dengan pendekatan filosofis. Pengumpulan data dengan menggunakan metode membaca, mengutif, menganalisis dan merumuskan hal-hal yang dianggap urgen memenuhinya syarat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kurikulum pendidikan dalam Islam berlandasan sumber-sumber yang jelas dan mapan, yang pemahamannya, penafsiran dan penjelasannya membutuhkan ilmu pengetahuan yang otoritatif. Syed Muhammad Naquib al-Attas mengatakan otoritas yang tinggi dalam Islam adalah Al-Qur’an dan sunnah Nabi yang dilakukan oleh para sahabat Nabi. Dalam pengembangan kurikulum Islam al-Attas lebih menekankan pada keutamaan perannan guru. Guru memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Al-attas menyarankan pesertadidik dalam mencari guru untuk tidak tergesa-gesa belajar kepada guru yang sembarangan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pemikiran, Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Kurikulum, Pendidikan en_US
dc.title Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Mengenai Kurikulum Pendidikan Islam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account