Abstract:
Motivasi menghafal Al-Qur‟an siswa menentukan
semangat tidaknya para siswa dalam menghafal Al-Qur‟an.
Siswa yang berlatar belakang penghafal Al-Qur‟an tidak
semuanya memiliki semangat yang besar dalam menghafal,
apalagi jika dipengaruhi oleh ruang lingkup sekitar yang ada.
Tujuan dari penelitian ini adalah, penulis ingin mengetahui
apakah motivasi menghafal Al-Qur‟an siswa berpengaruh
dengan latar belakang sekolahnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitattif deskriptif
dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan
menggunakan referensi-referensi yang berkaitan dengan tema
yang dibahas (library research). Peneliti juga menggunakan
metode deskriptif analisis, yakni penelitian yang menuturkan
dan menganalisa suatu permasalahan yang timbul dalam suatu
tempat.
Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa
siswa lulusan SD Azhari dapat mencapai target menghafal 30
juz, dan siswa dari lulusan non Azhari hanya mencapai target
menghafal sebanyak 6 juz. Ini menunjukkan letak perbedaan
motivasi menghafal Al-Qur‟an antara siswa lulusan SD Azhari
dan SD non Azhari.