Abstract:
Pembelajaran di MI Mastmarotul Huda pembelajaran
yang menggunakan pola mangajaran tradisional yaitu hanya
menggunakan metode ceramah dan bersifat satu arah hal
tersebut mempengarui tingkat konsentrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana
upaya Guru dalam meningkatkan konsentrasi peserta didik
mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Mastmarotul Huda
Karangrejo Bonang Demak.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi,
wawancara. Adapun cara yang digunakan bersifat deskriptif
analisis.
Hasil penelitian ini penulis berkesimpulan bahwa dalam
meningkatkan konsentrasi di antaranya Guru memberi
penjelasan pentingnya pelajaran yang diajarkan, memberi
hadiah, memberi motivasi membuat suasana yang tenang dan
nyaman serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih
menarik. Maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada
peningkatan konsentrasi peserta didik mata pelajaran Al-
Qur’an Hadis di MI Masmarotul Huda Tahun2016/2017.