Abstract:
Sekolah MTs Al-Adzkar Islamic Boarding School
merupakan salah satu sekolah yang memiliki sistem Boarding
School atau yang biasa kita kenal dengan pesantren. Sekolah
ini memiliki siswa yang berprestasi dari segi akademik
maupun non-akademik dengan berdirinya sekolah tersebut
kurang lebih 4 tahun. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk
melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apa
ada efektivitas sistem Boarding School terhadap prestasi
belajar peserta didik.
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kuantitatif (Quantitatif Aproach)
menggunakan analisis data statistik dan bersifat penelitian
korelasi yaitu menghubungkan antar variabel X (Sistem
Boarding School) dan variabel Y (prestasi belajar peserta
didik). sedangkan untuk teknik pengambilan sample penulis
menggunakan sample acak (Random Sampling) dengan sample
sebanyak 30 siswa dari 61 siswa kelas 8 MTs Al-Adzkar
Islamic Boarding School Pamulang. Dan untuk teknik analisis
data hasil penelitian penulis menggunakan analisis kolerasional
dengan teknik korelasi rumus Product Moment. Adapun untuk
teknik pengumpulan data penulis menggunakan angket,
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
adanya efek positif yang sangat signifikan dari efektivitas
sitstem Boarding School terhadap prestasi belajar peserta
didik kelas 8 MTs Al-Adzkar Islamic Boarding School Pamulang. dari hasil penelitian yang dilakukan dapat
dibuktikan dari jumlah rxy atau rhitung sebesar 1,0013. untuk
rtabel taraf signifikan 5% diperoleh 0,361 dan taraf signifikan
1% diperoleh 0,463. jika disimpulkan rtabel lebih kecil dari rxy
atau rhitung yaitu: 5% diperoleh 0,361 < 1,0013 dan 1%
diperoleh 0,463 < 1,0013 Nilai tersebut masuk dalam kriteria
sangat kuat atau sangat tinggi (0,90-1,00). Pada pembuktian
tersebut dapat disimpulkan adanya pengaruh positif yang
sangat kuat dari efektivitas sistem Boarding School (variabel
X) terhadap prestasi belajar peserta didik (variabel Y).
berdasarkan data yang ada maka (Ha) diterima, sedangkan
Hipotesis nihil (Ho) ditolak. hal ini menunjukan bahwa
kekuatan hubungan efektivitas sistem Boarding School
terhadap prestasi belajar peserta didik adalah sangat kuat atau
sangat tinggi.