DSpace Repository

Efektivitas Sistem Boarding School Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Studi Kasus Kelas 8 Di MTs Al-Adzkar Islamic Boarding School Pamulang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Syafi’ie Noor
dc.contributor.author Ulfah Wahyuni, 12311184
dc.date.accessioned 2020-01-23T05:29:00Z
dc.date.available 2020-01-23T05:29:00Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/468
dc.description.abstract Sekolah MTs Al-Adzkar Islamic Boarding School merupakan salah satu sekolah yang memiliki sistem Boarding School atau yang biasa kita kenal dengan pesantren. Sekolah ini memiliki siswa yang berprestasi dari segi akademik maupun non-akademik dengan berdirinya sekolah tersebut kurang lebih 4 tahun. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apa ada efektivitas sistem Boarding School terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif (Quantitatif Aproach) menggunakan analisis data statistik dan bersifat penelitian korelasi yaitu menghubungkan antar variabel X (Sistem Boarding School) dan variabel Y (prestasi belajar peserta didik). sedangkan untuk teknik pengambilan sample penulis menggunakan sample acak (Random Sampling) dengan sample sebanyak 30 siswa dari 61 siswa kelas 8 MTs Al-Adzkar Islamic Boarding School Pamulang. Dan untuk teknik analisis data hasil penelitian penulis menggunakan analisis kolerasional dengan teknik korelasi rumus Product Moment. Adapun untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya efek positif yang sangat signifikan dari efektivitas sitstem Boarding School terhadap prestasi belajar peserta didik kelas 8 MTs Al-Adzkar Islamic Boarding School Pamulang. dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dibuktikan dari jumlah rxy atau rhitung sebesar 1,0013. untuk rtabel taraf signifikan 5% diperoleh 0,361 dan taraf signifikan 1% diperoleh 0,463. jika disimpulkan rtabel lebih kecil dari rxy atau rhitung yaitu: 5% diperoleh 0,361 < 1,0013 dan 1% diperoleh 0,463 < 1,0013 Nilai tersebut masuk dalam kriteria sangat kuat atau sangat tinggi (0,90-1,00). Pada pembuktian tersebut dapat disimpulkan adanya pengaruh positif yang sangat kuat dari efektivitas sistem Boarding School (variabel X) terhadap prestasi belajar peserta didik (variabel Y). berdasarkan data yang ada maka (Ha) diterima, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. hal ini menunjukan bahwa kekuatan hubungan efektivitas sistem Boarding School terhadap prestasi belajar peserta didik adalah sangat kuat atau sangat tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Efektivitas, Boarding School, Prestasi, Belajar en_US
dc.title Efektivitas Sistem Boarding School Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Studi Kasus Kelas 8 Di MTs Al-Adzkar Islamic Boarding School Pamulang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account