Abstract:
Upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur‟an
banyak dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran Al-Qur‟an, salah satu
diantaranya ialah Metode Ummi. Metode ini berhasil memikat banyak lembaga
pendidikan, baik formal maupun nonformal. Fenomena tersebut
menggambarkan bahwa metode Ummi merupakan sebuah metode
pembelajaran Al-Qur‟an yang layak diperhitungkan dan menarik untuk dikaji
lebih mendalam lagi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi.
Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Informan penelitian adalah Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah,
koordinator Ummi, trainer Ummi, guru Ummi, wali murid dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Ummi
dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an di SD Islam Cikal Harapan-1 BSD
Tangerang Selatan berpedoman kepada program dan tahapan pembelajaran
yang telah ditetapkan oleh Ummi Foundation. Di antaranya: Penerapan 7
Program Dasar Metode Ummi (Tashih, Tahsin, Sertifikasi Guru, Coaching,
Supervisi, Munâqasah, dan Khataman); Penerapan 7 Tahapan Pembelajaran
Metode Ummi (Pembukaan, Apersepsi, Penanaman Konsep, Pemahaman
Konsep, Keterampilan/Latihan, Evaluasi, dan Penutup); Penerapan 4 Model
Pembelajaran Al-Qur‟an Metode Ummi (Privat/Individual, Klasikal Individual,
Klasikal Baca Simak, dan Klasikal Baca Simak Murni); dan Penerapan 10 pilar
Sistem Mutu Ummi (Goodwill Management, Sertifikasi Guru, Tahapan yang
Baik dan Benar, Target Jelas dan Terukur, Mastery Learning yang Konsisten,
Waktu yang Memadai, Quality Control yang Intensif, Rasio Guru dan Siswa
yang Proporsional, Progress Report Setiap Siswa, dan Koordinator yang
Handal); 2) Penerapan dan pelaksanaan Metode Ummi terhadap kemampuan
membaca Al-Qur‟an siswa sangat meningkat terutama dalam bacaan siswa
dengan nada Ummi. Hal tersebut dapat dilihat dari data perkembangan
pembelajaran Ummi dalam bentuk Raport yang dilaporkan kepada orang tua
siswa di setiap akhir semester.