DSpace Repository

Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus Di SD Islam Cikal Harapan-1 BSD Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Dimyati Badruzzaman
dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Neneng Haryati, 217430186
dc.date.accessioned 2020-01-28T08:30:08Z
dc.date.available 2020-01-28T08:30:08Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/473
dc.description.abstract Upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur‟an banyak dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran Al-Qur‟an, salah satu diantaranya ialah Metode Ummi. Metode ini berhasil memikat banyak lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal. Fenomena tersebut menggambarkan bahwa metode Ummi merupakan sebuah metode pembelajaran Al-Qur‟an yang layak diperhitungkan dan menarik untuk dikaji lebih mendalam lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian adalah Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah, koordinator Ummi, trainer Ummi, guru Ummi, wali murid dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Ummi dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an di SD Islam Cikal Harapan-1 BSD Tangerang Selatan berpedoman kepada program dan tahapan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Ummi Foundation. Di antaranya: Penerapan 7 Program Dasar Metode Ummi (Tashih, Tahsin, Sertifikasi Guru, Coaching, Supervisi, Munâqasah, dan Khataman); Penerapan 7 Tahapan Pembelajaran Metode Ummi (Pembukaan, Apersepsi, Penanaman Konsep, Pemahaman Konsep, Keterampilan/Latihan, Evaluasi, dan Penutup); Penerapan 4 Model Pembelajaran Al-Qur‟an Metode Ummi (Privat/Individual, Klasikal Individual, Klasikal Baca Simak, dan Klasikal Baca Simak Murni); dan Penerapan 10 pilar Sistem Mutu Ummi (Goodwill Management, Sertifikasi Guru, Tahapan yang Baik dan Benar, Target Jelas dan Terukur, Mastery Learning yang Konsisten, Waktu yang Memadai, Quality Control yang Intensif, Rasio Guru dan Siswa yang Proporsional, Progress Report Setiap Siswa, dan Koordinator yang Handal); 2) Penerapan dan pelaksanaan Metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa sangat meningkat terutama dalam bacaan siswa dengan nada Ummi. Hal tersebut dapat dilihat dari data perkembangan pembelajaran Ummi dalam bentuk Raport yang dilaporkan kepada orang tua siswa di setiap akhir semester. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode Ummi en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Quran en_US
dc.title Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus Di SD Islam Cikal Harapan-1 BSD Tangerang Selatan) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account