Abstract:
Latar belakang peneliti memilih judul ini adalah
dikarenakan beberapa alasan diantaranya, 1) Menurunnya nilainilai
moral dan nilai-nilai karakter atau akhlak anak dan
remaja, 2) Kenakalan remaja tidak hanya terjadi di sekolahsekolah
umum saja namun Madrasah yang merupakan lembaga
pendidikan Islam dalam beberapa kasus telah didapati
pelanggaran-pelanggaran nilai akhlak dan moral, 3) pada
beberapa peristiwa yang terjadi di masyarakat murid atau
alumni suatu lembaga pendidikan umum terkadang lebih
menunjukan sisi keagamaan yang baik jika dibandingkan
dengan murid atu alumni lembaga pendidikan Islam, karena
itulah penelitian ini menjadi penting dilakukan
Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini
adalah, 1) Adakah perbedaan antara akhlak siswa Program
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa Progam
Keagamaan?, dan 2) Sejauh mana perbedaaan antara akhlak
siswa Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa
Progam Keagamaan ?.
Metodologi penelitian yang digunakan untuk membahas
masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan
stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ialah angket, wawancara dan
dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan
adalah dengan teknik analisis komparasional.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara akhlak siswa Program IPA
dengan akhlak siswa Program Keagamaan. Hal ini didasarkan
pada perhitungan statistik pada taraf signifikan 5% (to = 1,46
dan tt = 2,05) maupun pada taraf signifikan 1% (to = 1,46 dan
tt = 2,76), karena t hitung < t tabel, dengan demikian hasilnya
dinyatakan tidak signifikan dan hipotesis nol diterima
sedangkan hipotesis alternatif ditolak.