DSpace Repository

Studi Komparasi Akhlak antara Siswa Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa Program Keagamaan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ali Mursyid
dc.contributor.author Afifah Arrodiyah, 13311192
dc.date.accessioned 2020-02-18T06:40:59Z
dc.date.available 2020-02-18T06:40:59Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/481
dc.description.abstract Latar belakang peneliti memilih judul ini adalah dikarenakan beberapa alasan diantaranya, 1) Menurunnya nilainilai moral dan nilai-nilai karakter atau akhlak anak dan remaja, 2) Kenakalan remaja tidak hanya terjadi di sekolahsekolah umum saja namun Madrasah yang merupakan lembaga pendidikan Islam dalam beberapa kasus telah didapati pelanggaran-pelanggaran nilai akhlak dan moral, 3) pada beberapa peristiwa yang terjadi di masyarakat murid atau alumni suatu lembaga pendidikan umum terkadang lebih menunjukan sisi keagamaan yang baik jika dibandingkan dengan murid atu alumni lembaga pendidikan Islam, karena itulah penelitian ini menjadi penting dilakukan Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah, 1) Adakah perbedaan antara akhlak siswa Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa Progam Keagamaan?, dan 2) Sejauh mana perbedaaan antara akhlak siswa Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa Progam Keagamaan ?. Metodologi penelitian yang digunakan untuk membahas masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ialah angket, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis komparasional. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara akhlak siswa Program IPA dengan akhlak siswa Program Keagamaan. Hal ini didasarkan pada perhitungan statistik pada taraf signifikan 5% (to = 1,46 dan tt = 2,05) maupun pada taraf signifikan 1% (to = 1,46 dan tt = 2,76), karena t hitung < t tabel, dengan demikian hasilnya dinyatakan tidak signifikan dan hipotesis nol diterima sedangkan hipotesis alternatif ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Komparasi, Aklak, Siswa en_US
dc.title Studi Komparasi Akhlak antara Siswa Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Siswa Program Keagamaan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account