Abstract:
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk
mengetahui bagaimana metode Muraja’ah yang digunakan
dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun dasar pemikiran penulis
mengangkat judul tersebut dalam skripsi ini mengingat begitu
besarnya keutamaan menghafal Al-Qur’an di dunia khususnya
di akhirat serta janji Allah selalu memudahkan mempelajarinya,
seharusnya menjadi semangat untuk terus mempelajari Al-
Qur’an, salah satunya dengan menghafalnya. Metode Muraja’ah
menjadi daya tarik tersendiri karena berapapun banyak hafalan
Al-Qur’an yang di peroleh jika tidak ada metode untuk
mengulangnya maka lambat laun hafalan tersebut akan segera
pudar dari ingatan. Oleh karena itu penulis dengan rasa ingin
tahu tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan
metode Muraja’ah di Pesantren Cahaya Azami Takengon Aceh
Tengah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis
penelitian lapangan dan pustaka, serta termasuk penelitian
deskriptif analisis. Dimana peneliti secara khusus terjun
langsung ke lapangan. Untuk mendapatkan data-data tentang
metode Muraja’ah, maka penulis meneliti dengan menggunakan
kajian pustaka, dengan buku-buku yang terkait dengan
pembahasan ini. Penulis meneliti secara pustaka dan lapangan
yang kemudian menghasilkan bahwa metode Muraja’ah dapat
membuat sebagian besar santri pesantren Cahaya Azami lebih
mudah dalam menghafal Al-Qur’an.
Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan metode
Muraja’ah pada angkatan kedua di Pesantren Cahaya Azami Takengon membuktikan bahwa metode Muraja’ah mampu
meningkatkan kualitas hafalan para santri. Dengan demikian
penulis mendapatkan hasil bahwa metode Muraja’ah yang
diterapkan oleh pihak Pesantren Cahaya Azami Takengon,
membawa pengaruh positif dalam meningkatkan kualitas
hafalan para santri. Bahkan selain kualitas hafalan tersebut
bagus dan lancar, kualitas bacaan santri tersebut juga dinilai
bagus.