DSpace Repository

Penerapan Metode Muraja’ah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an (Studi kasus di Pondok Pesantren Cahaya Azami Takengon Aceh Tengah)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Ita Wulandari, 13311239
dc.date.accessioned 2020-02-28T03:30:04Z
dc.date.available 2020-02-28T03:30:04Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/520
dc.description.abstract Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode Muraja’ah yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun dasar pemikiran penulis mengangkat judul tersebut dalam skripsi ini mengingat begitu besarnya keutamaan menghafal Al-Qur’an di dunia khususnya di akhirat serta janji Allah selalu memudahkan mempelajarinya, seharusnya menjadi semangat untuk terus mempelajari Al- Qur’an, salah satunya dengan menghafalnya. Metode Muraja’ah menjadi daya tarik tersendiri karena berapapun banyak hafalan Al-Qur’an yang di peroleh jika tidak ada metode untuk mengulangnya maka lambat laun hafalan tersebut akan segera pudar dari ingatan. Oleh karena itu penulis dengan rasa ingin tahu tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan metode Muraja’ah di Pesantren Cahaya Azami Takengon Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan dan pustaka, serta termasuk penelitian deskriptif analisis. Dimana peneliti secara khusus terjun langsung ke lapangan. Untuk mendapatkan data-data tentang metode Muraja’ah, maka penulis meneliti dengan menggunakan kajian pustaka, dengan buku-buku yang terkait dengan pembahasan ini. Penulis meneliti secara pustaka dan lapangan yang kemudian menghasilkan bahwa metode Muraja’ah dapat membuat sebagian besar santri pesantren Cahaya Azami lebih mudah dalam menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan metode Muraja’ah pada angkatan kedua di Pesantren Cahaya Azami Takengon membuktikan bahwa metode Muraja’ah mampu meningkatkan kualitas hafalan para santri. Dengan demikian penulis mendapatkan hasil bahwa metode Muraja’ah yang diterapkan oleh pihak Pesantren Cahaya Azami Takengon, membawa pengaruh positif dalam meningkatkan kualitas hafalan para santri. Bahkan selain kualitas hafalan tersebut bagus dan lancar, kualitas bacaan santri tersebut juga dinilai bagus. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Muraja'ah, Hafalan, Al-Qur'an en_US
dc.title Penerapan Metode Muraja’ah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an (Studi kasus di Pondok Pesantren Cahaya Azami Takengon Aceh Tengah) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account