DSpace Repository

Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an Jember Jawa Timur)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herman
dc.contributor.author Miftahul Fitriani, 13311243
dc.date.accessioned 2020-02-28T03:40:26Z
dc.date.available 2020-02-28T03:40:26Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/524
dc.description.abstract Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lainnya. Faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa adalah faktor psikologis (kepribadian siswa) sehingga wajar kalau siswa dalam suatu kelas memiliki berbagai macam karakteristik yang berdeba-beda. Ada beberapa siswa yang rajin dalam belajar dan siswa yang patuh terhadap guru, ada juga siswa yang sering melakukan pelanggaran atau kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Perhatian dan motovasi merupakan persyaratan utama dalam proses belajar mengajar. Tanpa adanya perhatian dan motivasi hasil belajar yang dicapai siswa tidak akan optimal. Seorang guru dalam memberi pengetahuan pada siswa yaitu dengan memberikan hukman, yang merupakan suatu cara dalam pendidikan yang berfungsi sebagai motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah :Bagaimana proses Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an Jember. dan bagaimana hasil Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian ke lapangan untuk memahami dan mengamati fenomena yang sedang terjadi di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan analisis data digunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren ini bahwa: Dengan mengetahui tata tertib tertulis yang sudah ada dan berjanji untuk mematuhinya dengan pengucapan dari lisan santri sendiri serta bersedia menerima hukuman apapun jika pada suatu saat melanggar peraturan tersebut. Hukuman yang diberikan kepada santri bermacammacam yaitu bil lisan dengan membaca Al-Qur`an, bil amal dengan membersihkan lokasi yang ditentukan seperti membersihkan kamar mandi, aula, masjid dan lain-lain dan juga bil mal yaitu dengan uang yang uang tersebut akan kembali pada kebutuhan santri sendiri. Hukuman yang diberikan bukan bersifat hukuman fisik tetapi bermanfaat bagi santri agar merasa lebih bertanggung jawab. Hasil Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an yaitu: santri lebih termotivasi untuk menghafal sehingga perhatian santri terhadap kegiatan pembelajaran tahfidz Qur’an meningkat, dan tingkat keyakinan santri terhadap kemampuan dalam menghafalkan Al-Qur`an juga meningkat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Ta'zir, Motivasi, Al-Qur'an, en_US
dc.title Pelaksanaan Ta’zir Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Raudhotul Qur’an Jember Jawa Timur) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account