Abstract:
Strategi dipahami sebagai rencana atau kehendak yang
mendahului dan mengendalikan kegiatan. Strategi mencakup
tujuan kegiatan, siapa yang terlibat dalam kegiatan, isi
kegiatan, proses kegiatan dan sarana penunjang kegiatan.
Strategi yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran disebut
strategi pembelajaran. Termasuk dalam pembelajaran Baca
Tulis Al-Qur‟an di sekolah, untuk itu guna mencapai peserta
didik yang kompeten di bidang membaca dan menulis Al-
Qur‟an diperlukan strategi pembelajaran yang mampu
merangkum semua aspek tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan
metode gabungan (mixed methods). Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pengumpulan
data observasi, wawancara, dokumentasi serta penyebaran
angket. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik interpretasi dengan rumus product
moment
Berdasarkan penelitian ini peneliti simpulkan bahwa
model pembelajaran yang diterapkan di SDIT Al-Azkar
Pamulang yaitu penggabungan metode Yanbu‟a dan Metode
Ummi dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an mampu
meningkatkan kompetensi membaca Al-Qur‟an siswa dengan
nada yang khas dan meningkatkan kompetensi menulis siswa
secara berkala.