Abstract:
Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan
menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana
implementasi pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan
khusus di SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan, dan bagaimana
metode pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak
berkebutuhan khusus di SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan. Data
penelitian dalam skipsi ini terdiri dari observasi pembelajaran guru di
sekolah dan siswa/i ABK, wawancara secara langsung dengan kepala
sekolah dan guru pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini
didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang
relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya,
peneliti menganalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pembelajaran
pendidikan agama Islam di SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan
hampir sama dengan sekolah umum. Kurikulum yang diterapkan di
SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan adalah Kurikulum 2013.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru agama tujuan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Dua Mei Kota
Tangerang Selatan sebenarnya mengacu pada sekolah umum, tetapi
kenyataannya anak masih belum mampu. Sehingga yang menjadi
target dalam pembelajaran adalah bertaqwa kepada Allah, berbudi
pekerti, anak bisa mandiri, berakhlak mulia, tidak melakukan
perbuatan tercela, dan terbiasa shalat walaupun hanya bisa dalam
gerakan. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Dua
Mei yang sering digunakan oleh guru diantaranya ialah: metode
ceramah, drill, tanya jawab, demonstrasi, metode pemberian tugas
dan metode keteladanan. Dari metode-metode ini semuanya
diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dan disesuaikan dengan keadaan siswa yang mengalami
ketunarunguan.