DSpace Repository

Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Dua Mei Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Siti Khairina, 13311257
dc.date.accessioned 2020-02-28T04:13:14Z
dc.date.available 2020-02-28T04:13:14Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/535
dc.description.abstract Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan, dan bagaimana metode pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan. Data penelitian dalam skipsi ini terdiri dari observasi pembelajaran guru di sekolah dan siswa/i ABK, wawancara secara langsung dengan kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya, peneliti menganalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pembelajaran pendidikan agama Islam di SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan hampir sama dengan sekolah umum. Kurikulum yang diterapkan di SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan adalah Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru agama tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Dua Mei Kota Tangerang Selatan sebenarnya mengacu pada sekolah umum, tetapi kenyataannya anak masih belum mampu. Sehingga yang menjadi target dalam pembelajaran adalah bertaqwa kepada Allah, berbudi pekerti, anak bisa mandiri, berakhlak mulia, tidak melakukan perbuatan tercela, dan terbiasa shalat walaupun hanya bisa dalam gerakan. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Dua Mei yang sering digunakan oleh guru diantaranya ialah: metode ceramah, drill, tanya jawab, demonstrasi, metode pemberian tugas dan metode keteladanan. Dari metode-metode ini semuanya diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan disesuaikan dengan keadaan siswa yang mengalami ketunarunguan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan, Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus en_US
dc.title Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Dua Mei Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account