Abstract:
Emosi berperan penting dalam kehidupan seseorang,
oleh karena itu kecerdasan emosional dalam diri seseorang
harus dikembangkan oleh semua pihak, karena kecerdasan ini
tidaklah berkembang secara alamiah.akan tetapi tergantung
pada proses pendidikan, pelatihan dan bimbingan yang terus
menerus. Agar proses pengembangan potensi anak dapat
dilakukan dengan cara yang menyenangkan maka diperlukan
model pembelajaran yang tepat untuk pengembangan potensi
tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
metode deskriptif analisis. Tekhnik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu menggunakan metode pengumpulan data
observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun metode analisi
data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan
Hiberman dengan proses pengumpulan data sekaligus reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan penelitian ini peneliti simpulkan bahwa
model pembelajaran yang diterapkan di SD Islam Alam dan
Sains Al Jannah yaitu model pembelajaran kooperatif learning,
yang mengajarkan siswa untuk meningkatkan kemampuan
dalam bekerja sama, model pembelajaran problem base
learning, yang mengajarkan siswa terbiasa dalam memecahkan
masalah, dan model pembelajaran langsung yang mengajarkan
siswa agar terbiasa terkontrol emosinya. Serta model
pembelajaran lainnya yang dapat meningkatkan kecerdasan
emosional siswa.