DSpace Repository

Model Pembelajaran Emotional Quotient (EQ) Pada Tingkat Sekolah Dasar (SD) (Studi Kasus Siswa SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah Cibubur Jakarta Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herman
dc.contributor.author Yuli Arini Istiqomah, 13311263
dc.date.accessioned 2020-02-28T04:19:18Z
dc.date.available 2020-02-28T04:19:18Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/538
dc.description.abstract Emosi berperan penting dalam kehidupan seseorang, oleh karena itu kecerdasan emosional dalam diri seseorang harus dikembangkan oleh semua pihak, karena kecerdasan ini tidaklah berkembang secara alamiah.akan tetapi tergantung pada proses pendidikan, pelatihan dan bimbingan yang terus menerus. Agar proses pengembangan potensi anak dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan maka diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk pengembangan potensi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun metode analisi data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Hiberman dengan proses pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian ini peneliti simpulkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan di SD Islam Alam dan Sains Al Jannah yaitu model pembelajaran kooperatif learning, yang mengajarkan siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam bekerja sama, model pembelajaran problem base learning, yang mengajarkan siswa terbiasa dalam memecahkan masalah, dan model pembelajaran langsung yang mengajarkan siswa agar terbiasa terkontrol emosinya. Serta model pembelajaran lainnya yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Emotional Quotient (EQ), Sekolah Dasar en_US
dc.title Model Pembelajaran Emotional Quotient (EQ) Pada Tingkat Sekolah Dasar (SD) (Studi Kasus Siswa SD Islam Alam dan Sains Al-Jannah Cibubur Jakarta Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account