DSpace Repository

Strategi Pembelajaran Spiritual Quotient (SQ) (Studi kasus di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Syafi’ie Noor
dc.contributor.author Zizwatul Amriyah, 13311264
dc.date.accessioned 2020-02-28T04:22:45Z
dc.date.available 2020-02-28T04:22:45Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/539
dc.description.abstract Setiap manusia pasti diberi anugerah berupa kecerdasan dan potensi yang ada pada dirinya, manusia mempunyai kemampuan mental umum untuk belajar dan mengajarkannya, serta mempunyai kemampuan untuk berpikir. Dalam kegiatan belajar mengajar dikenal dengan strategi pembelajaran seorang guru, strategi pembelajaran sangat penting karena menjadi acuan yang menjadi dasar dalam pembelajaran. Di dalam dunia pendidikan untuk menghasilkan pembelajaran yang optimal masih berorientasi pada Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan salah satunya yaitu Spiritual Quotient (SQ). Spiritual Quotient (SQ) merupakan kecerdasan jiwa yang dapat membantu kita dalam menghadapi berbagai masalah dan membangun diri secara utuh. Dalam penelitian ini peneliti memilih SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon sebagai objek penelitian karena sekolah tersebut menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan bercirikan keislaman yang kuat dengan menanamkan nilai-nilai keislaman, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang di dasari dengan nilai keislaman yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah penyimpulan dan cenderung menggunakan analisis. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti simpulkan bahwa strategi pembelajaran Spiritual Quotient (SQ) yang diterapkan di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon secara umum sesuai dengan teori yang dibahas pada kajian teori. Dengan menerapkan berbagai kegiatan yang mengandung aspek-aspek spiritual seperti tadarus Al-Qur’an setiap pagi di pandu oleh guru mata pelajaran, shalat dhuha berjamaah, shalat duhur berjamaah, mengulang hafalan juz 30 setelah shalat duhur, pembinaan baca Al-Qur’an, khusus untuk hari jumat kegiatannya adalah shalat jumat berjamaah, infaq jumat, dan Yasinan, kemudian mengadakan acara yang mengandung aspek spiritual yaitu peringatan hari besar islam seperti Isra Mi’raj, Maulid Nabi, shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha, dan berkurban. Proses pengembangannya menggunakan pola pembisaan, dengan pola pembiasaan tersebut dapat melekat di dalam diri siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran, Spiritual Quotient (SQ) en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Spiritual Quotient (SQ) (Studi kasus di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account