DSpace Repository

Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Siswa Kelas VI Di MI PUI Pasar Salasa Ciampea Bogor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Umi Khusnul Khotimah
dc.contributor.author Lia Minhatul Fauziah, 13311285
dc.date.accessioned 2020-02-28T06:50:48Z
dc.date.available 2020-02-28T06:50:48Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/551
dc.description.abstract Masa anak-anak adalah usia yang paling efektif untuk menghafal Al-Qur‟an, karena pada masak anak-anak ingatannya masih kuat, sehingga mudah untuk menghafal Al- Qur‟an. Namun di zaman sekarang ini, anak-anak sudah terpengaruh oleh gadget sehingga sulit mengarahkan anak untuk menghafal Al-Qur‟an. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki strategi yang cocok untuk anak-anak agar tertarik untuk menghafal Al-Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitin kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan menelaah data, mereduksi, menyusun dan mengategorisasi kemudian menguji keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Deskripsi pembelajaran tahfidz Al- Qur‟an dimulai dari kelas IV sampai kelas VI. Setiap kelas mendapatkan jadwal 2 hari dalam satu minggu. Untuk kelas VI mendapatkan jadwal hari Senin dan Kamis. Setiap tatap muka siswa harus menghafal minimal 5 ayat atau 2 ayat untuk ayat yang panjang (2) Strategi yang dilakukan oleh guru tahfidz untuk meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur‟an Juz 30 kelas VI di MI PUI Pasar Salasa Ciampea Bogor, antara lain metode yang digunakan oleh guru tahfidz dalam pembelajaran tahfidz yaitu memberikan hadiah bagi siswa yang sudah hafal Juz 30 dan memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mengikuti kegiatan tahfidz di kelas. (3) Respon siswa terhadap keberadaan kegiatan tahfidz yaitu bahwa sebagian besar siswa termotivasi untuk menghafal Al-Qur‟an karena ingin mendapatkan penghargaan berupa piagam dan hadiah ketika sudah hafal juz 30 (Juz „Amma). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi, Guru Tahfidz, Motivasi, Menghafal en_US
dc.title Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Siswa Kelas VI Di MI PUI Pasar Salasa Ciampea Bogor en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account