DSpace Repository

Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa SD (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrata A‟yun Cikarang Barat Bekasi)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Akhmad Shodiq
dc.contributor.author Ririn Rifa’atul Mahmudah, 13311292
dc.date.accessioned 2020-02-28T07:03:05Z
dc.date.available 2020-02-28T07:03:05Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/556
dc.description.abstract Latar Belakang Masalah dalam skripsi ini yaitu penggunaan metode yang tepat pada proses pembelajaran Al- Qur‟an sangatlah penting karena masih banyak metode pembelajaran Al-Qur‟an yang cenderung menggunakan nada lurus sehingga terkesan monoton yang berdampak pembelajaran Al-Qur‟an kurang dapat diminati oleh siswa dan berdampak juga pada kemampuan siswa dalam membaca AlQur‟an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif analisis dengan latar penelitian di SDIT Qurrata A‟yun Cikarang Barat, Subyek penelitiannya adalah siswa kelas 4. Peneliti melakukan observasi terhadap aktivitas guru meliputi pelaksanaan kegiatan pembuka, pelaksanaan kegiatan inti, dan pelaksanaan kegiatan penutup. Selain observasi aktivitas guru, peneliti juga mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran meliputi kelancaran membaca Al-Qur‟an siswa, kemampuan membaca sesuai dengan tajwid, dan kemampuan siswa dalam melafalkan huruf sesuai dengan makhrajnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di SDIT Qurrata A‟yun bahwasanya, proses pembelajaran Al- Qur‟an dengan menggunakan metode tilawati ini berjalan dengan baik hanya saja ada salah satu langkah pada pembelajaran dengan menggunakan metode tilawati yang tidak di gunakan di SDIT Qurrata A‟yun yaitu langkah individual dengan tekhnik baca simak. Namun dengan tidak menerapkan langkah-langkah tersebut proses pembelajaran dengan menggunakan metode tilawati tetap berjalan dengan baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Tilawati, Membaca, Al-Qur‟an en_US
dc.title Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa SD (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrata A‟yun Cikarang Barat Bekasi) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account