DSpace Repository

Korelasi Antara Pengetahuan Teori Ilmu Tajwid Dengan Kebenaran Membaca Al-Qur‟an Pada Kegiatan Baca Tulis Al-Qur‟an (BTQ) Program Keputrian Kelas X SMA Negeri 70 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Wardiah Aeni, 13311302
dc.date.accessioned 2020-02-28T07:24:24Z
dc.date.available 2020-02-28T07:24:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/563
dc.description.abstract Penelitian ini didasarkan pada permasalahan adakah korelasi antara pengetahuan teori ilmu tajwid dengan kebenaran dalam membaca Al-Qur‟an. Ruang lingkup yang dijadikan penelitian adalah pengetahuan siswi tentang ilmu tajwid dengan kebenaran siswi dalam membaca Al-Qur‟an khususnya kelas X pada kegiatan BTQ program keputrian tahun ajaran 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari korelasi antara pengetahuan siswi tentang teori ilmu tajwid dengan kebenaran siswi dalam membaca Al-Qur‟an. Gejala yang timbul adalah banyak dari siswi yang mampu membaca Al-Qur‟an dengan benar akan tetapi tidak mengetahui teori tajwidnya, begitu pula sebaliknya banyak di antara siswi yang mengetahui teori ilmu tajwid tetapi tidak dapat membaca Al-Qur‟an dengan benar. Sehingga penulis merasa perlu melakukan penelitian tentang latar belakang gejala tersebut, dan meneliti ada tidaknya pengaruh ilmu tajwid dengan kebenaran siswi dalam membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bersifat kuantitatif sehingga metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasi deskriptif dengan menggunakan analisis product moment melalui program SPSS16 yang menguji hubungan antara pengetahuan teori ilmu tajwid dengan kebenaran membaca Al-Qur‟an. Dalam pelaksanaannya peneliti mengadakan penelitian lapangan dengan melakukan wawancara terhadap siswi yang menjadi sampel penelitian, melakukan tes obyektif dalam bentuk pilihan ganda, penilaian praktek membaca Al-Qur‟an, serta observasi di sekolah yang menjadi tempat penelitian. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 70 Jakarta. Populasi pada penelitian ini berjumlah 193 siswi. Adapun tehnik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik purposive sampling, peneliti mengambil sampel 20-25% dari jumlah populasi, sehingga peneliti melakukan penelitian dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 40 siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara pengetahuan siswi tentang teori ilmu tajwid dengan kebenaran siswi dalam membaca Al-Qur‟an tidak menunjukan adanya hubungan yang signifikan karena korelasi yang dihasilkan lemah atau rendah. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS16 sehingga didapat angka koofisien korelasi sebesar 0,264 yang berkisar antara 0,20- 0,40. Adapun taraf signifikan 5% sebesar 0,304 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,393 maka r hitung lebih kecil dari r tabel sehingga hipotesis nihil (Ho) diterima, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Korelasi, Ilmu Tajwid, Al-Qur‟an en_US
dc.title Korelasi Antara Pengetahuan Teori Ilmu Tajwid Dengan Kebenaran Membaca Al-Qur‟an Pada Kegiatan Baca Tulis Al-Qur‟an (BTQ) Program Keputrian Kelas X SMA Negeri 70 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account