Abstract:
Kecerdasan emosional dan spiritual adalah dua kecerdasan yang mampu
mengimbangi kecerdasan intelektual pada peserta didik. Tidak sedikit
pendidik mengabaikan kedua kecerdasan tersebut dan hanya mengedepankan
kecerdasan intelektual sebagai tujuan pendidikan. Padahal justru kedua
kecerdasan tersebutlah sangat mempengaruhi keberhasilan peserta didik
sehingga mencapai tujuan pendidikan yang lebih maksimal. Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan emosional dan
spiritual siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah? Peran guru akidah akhlak
dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di
Madrasah Aliyah Al-Hidayah? Apakah faktor pendukung dan penghambat
dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di
Madrasah Aliyah Al-Hidayah?. Untuk menjawab rumusah masalah tersebut
digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dari
hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran guru akidah akhlak sangat
besar dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa di
Madrasah Aliyah Al-Hidayah, hal tersebut terlihat pada siswa yang mampu
mengendalikan emosinya dengan baik, mampu memotivasi dirinya,
melaksanakan shalat wajib dan sunnah, berbuat baik dengan sesama maupun
lingkungannya dan lain sebagainya, hal ini didukung dengan adanya
kerjasama antara guru dengan orangtua, kegiatan rutinitas dan
ekstrakulikuler, serta kondisi kelas, mushola dan sekolah yang bersih.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu pertemuan, latar
belakang siswa yang beragam dan sarana prasarana yang kurang memadai,
hal inilah yang membuat beberapa siswa masih memiliki kecerdasan
emosional dan spiritual yang kurang.