DSpace Repository

Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rohmah
dc.contributor.author Tengku Hana Hanifah, 13311297
dc.date.accessioned 2020-03-02T03:41:15Z
dc.date.available 2020-03-02T03:41:15Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/567
dc.description.abstract Kecerdasan emosional dan spiritual adalah dua kecerdasan yang mampu mengimbangi kecerdasan intelektual pada peserta didik. Tidak sedikit pendidik mengabaikan kedua kecerdasan tersebut dan hanya mengedepankan kecerdasan intelektual sebagai tujuan pendidikan. Padahal justru kedua kecerdasan tersebutlah sangat mempengaruhi keberhasilan peserta didik sehingga mencapai tujuan pendidikan yang lebih maksimal. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan emosional dan spiritual siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah? Peran guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah? Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah?. Untuk menjawab rumusah masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran guru akidah akhlak sangat besar dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah, hal tersebut terlihat pada siswa yang mampu mengendalikan emosinya dengan baik, mampu memotivasi dirinya, melaksanakan shalat wajib dan sunnah, berbuat baik dengan sesama maupun lingkungannya dan lain sebagainya, hal ini didukung dengan adanya kerjasama antara guru dengan orangtua, kegiatan rutinitas dan ekstrakulikuler, serta kondisi kelas, mushola dan sekolah yang bersih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu pertemuan, latar belakang siswa yang beragam dan sarana prasarana yang kurang memadai, hal inilah yang membuat beberapa siswa masih memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang kurang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran, Guru, Akidah Akhlak,Kecerdasan, Emosional en_US
dc.title Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di Madrasah Aliyah Al-Hidayah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account