Abstract:
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan korelasi product moment, untuk mendapatkan data penulis
mengambil sampel 25 siswa dari 204 siswa dan 25 guru dari 40 guru. Dari
hasil perhitungan product moment bahwa pengaruh pelaksanaan kurikulum
2013 dalam meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak dalam kategori
rendah dengan nilai rxy 0,393. Nilai rxy 0,393yang diperoleh lebih kecil dari r
tabel baik taraf signifikan 5% 0,396 maupun pada taraf signfikan 1% 0.505.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan
kurikulum 2013 dalam peningkatan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa
kelas VIII terdapat hubungan yang positif, akan tetapi antara variabel x
dengan variabel y dalam kategori rendah. Dengan demikian semakin baik
dalam melaksanakan kurikulum 2013 di sekolah maka semakin baik pula
hasil yang diperoleh oleh siswa terutama pada mata pelajaran Akidah
Akhlak.