Abstract:
Keberhasilan dalam mengajar tidaklah mudah sebab harus ditinjau dari
beberapa faktor diantaranya anak didik, orang tua dan guru sebagai pendidik
di sekolah. Salah satu caranya adalah menetapkan model pembelajaran yang
tepat untuk proses pembelajaran. Pendidikan Agama Islam adalah salah satu
materi yang sangat penting dalam pembelajaran dan sebuah usaha
pengembangan kualitas diri manusia dalam segala ranah kehidupan, karena
bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui implementasi model pembelajaran STIFIn Learning pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sekolah Islam Ibnu Hajar
(SIIHA). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian
ini bersifat deskriptif yaitu menghasilkan sebuah data tertulis maupun lisan.
Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STIFIn Learning di
SMP Sekolah Islam Ibnu Hajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
sudah mulai diterapkan berawal dari ice breaking yang biasa disebut dengan
STIFIn Alpha Zone kemudian pendekatan dalam pembelajaran khususnya
juga menggunakan pendekatan sesuai dengan mesin kecerdasan yang dimiliki
oleh peserta didik. Penerapan model pembelajaran tersebut memang belum
sepenuhnya tersusun dengan sistematis, namun setiap guru yang memberikan
materi sangat terbantu dengan adanya konsep STIFIn tersebut dalam
penyampaian materi maupun mencari solusi dari kesulitan belajar peserta
didik.