Abstract:
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh bagaimana peran guru dalam mencegah
timbulnya perilaku Juvenile Delinquency atau kenakalan remaja. Lembaga
pendidikan formal atau sekolah dirasakan urgensinya khususnya guru PAI
ketika orang tua sudah tidak mampu memberikan pendidikan bagi
pembentukan dan perkembangan moralitas anak, tetapi realitanya semakin
maraknya kenakalan siswa seperti, tawuran, memakai narkoba, dan
sebagainya. Disinilah usaha guru PAI yang merupakan bagian dari
pendidikan dengan berpegang teguh pada norma dan nilai-nilai ajaran Islam
harus mampu mengatasi permasalahan kenakalan siswa tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha apa saja yang telah
diupayakan guru PAI dalam mencegah timbulnya Juvenile Delinquency dan
untuk mengetahui peranan guru PAI dalam pencegahan kenakalan remaja.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau bersifat non statistik.
Jenis penelitian kualitatif ini berdasar pada prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif yaitu data tertulis maupun lisan.
Peran guru PAI dalam mencegah timbulnya juvenile delinquency di SMK
Darussalam Ciputat yaitu selain mentransfer ilmu juga mendidik siswa agar
tercipta perkembangan dalam anak didiknya secara maksimal sesuai dengan
nilai-nilai islam.