Abstract:
Penulis tertarik dengan judul ini karena melihat nilai Ujian Akhir Madrasah
Berstandar Nasional (UAMBN) mata pelajaran fikih yang menurun dari
tahun ajaran 2016. Skripsi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran
guru PAI dalam meningkatkan prestasi nilai UAMBN mata pelajaran fikih di
kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif,
Dalam langkah langkah menganalisis penelitian ini, Pertama pengumpulan
data yang berkaitan dengan variabel penelitian ini dan kedua setelah data
terkumpul peneliti menganalisa data dengan penelitian kualitatif model
analisis interaktif. Pelaksanaan analisis data ditempuh dengan melakukan
kegiatan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari analisis penelitian penulis berkesimpulan bahwa peran guru PAI dalam
meningkatkan prestasi UAMBN di MTs. Muhammadiyah 1 Ciputat sudah
baik, dalam menguasai bidang ilmu yang diajarkannya, membentuk karakter
positif, mengikuti peraturan pemerintah dan lembaga MTs ini,
membangkitkan semangat belajar anak didik, menumbuhkan optimisme, dan
membangun bahwa ibadah akan sah jika memiliki ilmu tentunya dengan
belajar fikih dengan baik.