Abstract:
Di dalam pembelajaran, media ini merupakan alat yang
dapat membantu guru dalam mengajar, sehingga
mempermudah guru dalam menyampaikan materi terhadap
siswa siswinya, dan mereka pun tidak merasa bosan, atau
monoton di saat jam belajar berlangsung. Tujuan penelitian ini
adalah ingin mengetahui apakah ada korelasi antara
penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar
mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadits..
Metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah merupakan jenis penelitian kuantitatif dan sifat dari
penelitian ini adalah bersifat penelitian korelasi (Research
Correlation). Sedangkan teknik dari pengambilan sampel yang
penulis gunakan adalah teknik Purposive or Judgmental
Sampling, Serta teknik analisis data menggunakan teknik
korelasi product moment.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya
korelasi yang kuat penggunaan media pembelajaran dalam
proses belajar belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VI MIN. Hal ini di
buktikan dengan besarnya rxy= 0,833 yang besarnya berkisar
antara 0,70-0,90 berarti antara penggunaan media pembelajaran
(variabel X) dan prestasi belajar siswa (variabel Y). Hipotesis
alternativ (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak