Abstract:
Skripsi ini meneliti tentang Implementasi Pembinaan
Nagham Al-Qur‟an dalam pengembangan bakat seni baca
Al-Qur‟an santri di SMP IT Pondok Pesantren Al-Qur‟aniyyah.
Penelitian ini dilakukan di SMP IT Pondok Pesantren
Al-Qur‟aniyyah adalah salah satu lembaga pendidikan berbasis
pesantren yang memiliki kurikulum Nagham Al-Qur‟an (seni
lagu-lagu Al-Qur‟an) sehingga dari sini para santri
Al-Qur‟aniyyah maupun alumninya banyak yang berhasil
meraih juara pada kompetesi Musabaqah Tilawatil Qur‟an dari
tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan tingkat
nasional.
Penelitian ini berupaya untuk mengetahui dan
mendeskripsikan kegiatan Pembinaan Nagham Al-Qur‟an, dan
untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi tilawah
dalam pengembangan bakat santri di SMP IT Pondok
Pesantren Al-Qur‟aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai
tolak ukur bagi sekolah dan juga guru dalam melihat sejauh
mana pelaksanaan dan keberhasilan kegiatan Pembinaan
Nagham Al-Qur‟an yang diselenggarakan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif, yaitu mengambil latar SMP IT Pondok Pesantren
Al-Qur‟aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan. Dengan cara
mengumpulkan data dengan mengadakan pengamatan
langsung, wawancara dengan guru dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang
xviii
berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan
pembinaan Nagham Al-Qur‟an di SMP IT Al-Qur‟aniyyah
sudah berjalan dengan baik. Karena santri yang mengikuti
pembinaan tersebut sudah mampu menguasai berbagai macam
maqamat, seperti maqam Bayyati, maqam Shaba, maqam
Hijaz, maqam Nahawand, maqam Rast, maqam Shika, maqam
Jiharkah. Selain itu para santri mampu menerapkan dan
mengaplikasikan lagu-lagu tersebut ke dalam ayat-ayat Al-
Qur‟an, dan bagi santri yang sudah mengikuti pembinaan
Nagham Al-Qur‟an dengan baik maka santri yang terpilih bisa
mengikuti Musabaqah Tilawatil Al-Qur‟an dari tingkat kota
hingga tingkat nasional. Sehingga boleh dikatakan bahwa
pengajaran seni baca Al-Qur‟an di SMP IT pondok pesantren
Al-Qur‟aniyyah telah dapat dikatakan dapat memenuhi syaratsyarat
dalam proses pembinaan yang efektif dan efisien.