DSpace Repository

Implementasi Pembinaan Nagham Al-Qur‟an dalam Rangka Pengembangan Bakat Santri di SMP IT Pondok Pesantren Al- Qur‟aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Nurul Khairani, 13311211
dc.date.accessioned 2020-07-07T06:50:19Z
dc.date.available 2020-07-07T06:50:19Z
dc.date.issued 2017-08
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/808
dc.description.abstract Skripsi ini meneliti tentang Implementasi Pembinaan Nagham Al-Qur‟an dalam pengembangan bakat seni baca Al-Qur‟an santri di SMP IT Pondok Pesantren Al-Qur‟aniyyah. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Pondok Pesantren Al-Qur‟aniyyah adalah salah satu lembaga pendidikan berbasis pesantren yang memiliki kurikulum Nagham Al-Qur‟an (seni lagu-lagu Al-Qur‟an) sehingga dari sini para santri Al-Qur‟aniyyah maupun alumninya banyak yang berhasil meraih juara pada kompetesi Musabaqah Tilawatil Qur‟an dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegiatan Pembinaan Nagham Al-Qur‟an, dan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi tilawah dalam pengembangan bakat santri di SMP IT Pondok Pesantren Al-Qur‟aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tolak ukur bagi sekolah dan juga guru dalam melihat sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan kegiatan Pembinaan Nagham Al-Qur‟an yang diselenggarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu mengambil latar SMP IT Pondok Pesantren Al-Qur‟aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan. Dengan cara mengumpulkan data dengan mengadakan pengamatan langsung, wawancara dengan guru dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang xviii berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan pembinaan Nagham Al-Qur‟an di SMP IT Al-Qur‟aniyyah sudah berjalan dengan baik. Karena santri yang mengikuti pembinaan tersebut sudah mampu menguasai berbagai macam maqamat, seperti maqam Bayyati, maqam Shaba, maqam Hijaz, maqam Nahawand, maqam Rast, maqam Shika, maqam Jiharkah. Selain itu para santri mampu menerapkan dan mengaplikasikan lagu-lagu tersebut ke dalam ayat-ayat Al- Qur‟an, dan bagi santri yang sudah mengikuti pembinaan Nagham Al-Qur‟an dengan baik maka santri yang terpilih bisa mengikuti Musabaqah Tilawatil Al-Qur‟an dari tingkat kota hingga tingkat nasional. Sehingga boleh dikatakan bahwa pengajaran seni baca Al-Qur‟an di SMP IT pondok pesantren Al-Qur‟aniyyah telah dapat dikatakan dapat memenuhi syaratsyarat dalam proses pembinaan yang efektif dan efisien. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembinaan Nagham Al-Qur‟an en_US
dc.subject Pengembangan Bakat en_US
dc.title Implementasi Pembinaan Nagham Al-Qur‟an dalam Rangka Pengembangan Bakat Santri di SMP IT Pondok Pesantren Al- Qur‟aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account