Abstract:
Dalam rangka menyelematkan generasi muda dan memperkokoh spiritual
remaja, maka pendidikan remaja harus dilengkapi dengan pendidikan
agama.untuk membangun sikap religius dalam diri siswa adalah dengan
memberi masukan yang baik kepada siswa berupa pengalaman-pengalaman
yang bersifat kerohanian siswa dibiasakan selalu mengisi jiwa rohaninya
dengan hal-hal yang positif tentang keagamaan sehingga akan muncul pribadi
yang baik pada siswa tersebut melalui yang berhubungan dengan pendidikan
agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kegiatan
kerohanian islam dengan kecerdasan spiritual siswa di SMK Link and Mach.
Pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional untuk menjawab
permasalahan mengenai hubungan kerohanian Islam dengan kecerdasan
spritual siswa di SMK Link and Mach. Berdasarkan hasil rxy sebesar 0,65
dengan interpretasi data menggunakan Tabel “r” pada taraf signifikansi 5%
diperoleh “r” tabel (0,65>0,374) dan pada taraf 1% diperoleh “r” tabel
(0,65>0,478). Maka pada taraf 5% dan 1% lebih besar. Hipotesa nihil ditolak
dan hipotesa alternatif diterima. Berarti terdapat korelasi positif yang
signifikan antara variabel X (kegiatan kerohanian Islam) dengan variabel Y
(kecerdasan spiritual siswa). Dan dengan interpretasi data sederhana besarnya
rxy yang dihasilkan yaitu 0,65 yang berkisar antara 0,40-0,70 berarti terdapat
korelasi yang sedang atau cukup antara antara variabel X (kegiatan
kerohanian Islam) dengan variabel Y (kecerdasan spiritual siswa).