DSpace Repository

Penerapan Konsep Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus di SMP School Of Human (SOH) Cibubur)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliah
dc.contributor.author Fuji Zakiyatul Fikriyah, 14311347
dc.date.accessioned 2020-07-09T05:28:01Z
dc.date.available 2020-07-09T05:28:01Z
dc.date.issued 2018-08-10
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/819
dc.description.abstract Howard Gardner dalam bukunya multiple intelligences menyatakan bahwa tidak ada anak yang bodoh. Semua anak itu cerdas dengan kecenderungan kecerdasan yang berbeda-beda. Kemudian Gardner mengungkapkan kecerdasan manusia berjumlah banyak, antara lain: linguistik, visual-spasial, logis-matematis, musikal, kinestetik, intrapersonal, interpersonal, natural, dan kinestetik. Karena perbedaan kecenderungan dalam kedelapan kecerdasan ini ada diantara para siswa, untuk itu pendekatan multiple intelligences menawarkan kepada guru untuk mengembangkan strategi yang kreatif dan inovatif. Salah satu sekolah yang menerapkan multiple intelligences adalah SMP School Of Human (SOH) Cibubur. Maka dari itu peneliti mengangkat masalah tersebut untuk menguraikan bagaimana penerapan dan pengembangan konsep multiple intelligences sebagai sebuah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP School of Human (SOH) Cibubur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dan diisajikan dalam bentuk deskriptif. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan konsep multiple intelligences dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP School Of Human (SOH) Cibubur pada kelas VIII dan IX, yaitu pelaksanaan multiple intelligences dalam pembelajaran menuntut guru harus mempunyai daya kreativitas dalam menerapkan konsep multiple intelligences. Di SMP School Of Human (SOH) Cibubur pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dengan pendekatan multiple intelligences sangat bervariasi. Guru menggunakan apersepsi yang bervariasi, strategi dan metode yang beragam, serta didukung dengan penggunaan media yang kreatif en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Konsep Multiple Intelligences en_US
dc.subject Pembelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Penerapan Konsep Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus di SMP School Of Human (SOH) Cibubur) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account