Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi untuk menggambarkan apa saja peran guru
Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik. Peranan
guru adalah sebagai pendidik, pembimbing dan pendorong dan ikut
bertanggung jawab dalam membantu peserta didik dalam membentuk
karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pelaksanaan
profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter
peserta didik, untuk mengetahui metode profesionalisme guru Pendidikan
Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik, dan untuk
mengetahui faktorapa saja yang menghambat dan mendukung dalam
membentuk karakter peserta didik. Perumasan masalah dalam penelitian ini
adalah “1) Bagaimana pelaksanaan profesionalisme guru Pendidikan Agama
Islam dalam membentuk karakter peserta didik? 2) Bagaimana metode guru
Pendidikan gama Islam dalam membentu karakter peserta didik? 3) Apa saja
faktor-faktor menghambat dan mendukung dalam membentuk karakter
peserta didik di SMP Darul Ma’arif?” Jenis penelitian ini menggunakan jenis
pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mewawancarai Kepala Sekolah
dan Guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa
upaya guru Pendidikana Agama Islam dalam membentuk karakter peserta
didik di antaranya: 1) membangun pembiasaan seperti 5S (Senyum, salam,
sapa, sopan dan santun), masuk ruangan kantor atau kelas lain mengetuk
pintu dan mengucapkan salam, bersikap sopan dan menghormati guru, 2)
metode yang di gunakan guru dalam membentuk karakter peserta didik
diantaranya: dengan memakai metode ceramah, metode pemberian tugas,
dan metode pemberian hukuman, 3) faktor yang mendukung diantaranya:
kebiasaan atau tradisi yang ada di SMP Darul Ma’arif kebiasaan dalam
kesaharian, motivasi dan dukungan dari kedua orang tua, dan faktor
penghambat diantranya: lingkungan masyarakat (pergaulan) dan sarana dan
prasarana yang kurang menunjang keberhasilan guru Pendidikan Agama
Islam dalam pendidikan karakter