DSpace Repository

Peran Profesinalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Darul Ma’arif

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rahma Aziz
dc.contributor.author Halfa Nabila, 14311349
dc.date.accessioned 2020-07-09T05:32:11Z
dc.date.available 2020-07-09T05:32:11Z
dc.date.issued 2018-08-15
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/820
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi untuk menggambarkan apa saja peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik. Peranan guru adalah sebagai pendidik, pembimbing dan pendorong dan ikut bertanggung jawab dalam membantu peserta didik dalam membentuk karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pelaksanaan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik, untuk mengetahui metode profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik, dan untuk mengetahui faktorapa saja yang menghambat dan mendukung dalam membentuk karakter peserta didik. Perumasan masalah dalam penelitian ini adalah “1) Bagaimana pelaksanaan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik? 2) Bagaimana metode guru Pendidikan gama Islam dalam membentu karakter peserta didik? 3) Apa saja faktor-faktor menghambat dan mendukung dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Darul Ma’arif?” Jenis penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mewawancarai Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikana Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di antaranya: 1) membangun pembiasaan seperti 5S (Senyum, salam, sapa, sopan dan santun), masuk ruangan kantor atau kelas lain mengetuk pintu dan mengucapkan salam, bersikap sopan dan menghormati guru, 2) metode yang di gunakan guru dalam membentuk karakter peserta didik diantaranya: dengan memakai metode ceramah, metode pemberian tugas, dan metode pemberian hukuman, 3) faktor yang mendukung diantaranya: kebiasaan atau tradisi yang ada di SMP Darul Ma’arif kebiasaan dalam kesaharian, motivasi dan dukungan dari kedua orang tua, dan faktor penghambat diantranya: lingkungan masyarakat (pergaulan) dan sarana dan prasarana yang kurang menunjang keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam pendidikan karakter en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Profesinalisme Guru en_US
dc.subject Karakter Siswa en_US
dc.title Peran Profesinalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Darul Ma’arif en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account