Abstract:
Latar belakang penelitian ini mengenai kesadaran fitrah manusia yang
dilahirkan dengan berbagai tipe kecerdasan dan potensi masing-masing. Oleh
karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk mengetahui tipe
kecerdasan anak dan juga cara mengembangkannya. Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana implementasi nilai-nilai agama
dan moral dengan pendekatan multiple intelligences pada anak usia dini?
Dengan tujuan untuk mengetahui cara yang tepat untuk menanamkan nilainilai
agama dan moral pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan
implementasi pengembangan nilai-nilai agama dan moral dengan pendekatan
multiple intelligences pada anak usia dini di RA Mumtaza Islamic School
Pisangan Ciputat setidaknya langkah awal guru harus mengetahui tipe
kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik, setelah diketahui kecenderungan
tipe kecerdasannya, guru tinggal menyesuaikan media dan metode
pembelajaran yang akan digunakan. Selain itu juga perlu adanya pembiasaan,
mengingat di dalam pengembangan nilai agama dan moral terdapat berbagai
hal yang harus diajarkan dan dibiasakan, seperti: shalat dhuha, tahfizh,
pengenalan huruf hijaiyah, cerita sejarah, akidah, adab dalam kehidupan
sehari-hari (senyum, salam, sapa, makan-minum, masuk-keluar kamar mandi,
saling memaafkan, saling menolong, budaya antri, mandiri dan yang
lainnya). Sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan, sesuai
dengan kecerdasan dan potensi yang dimilikinya