DSpace Repository

Implementasi Nilai-Nilai Agama dan Moral dengan Pendekatan Multiple Intelligences pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Mumtaza Islamic School Pisangan Ciputat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliah
dc.contributor.author Ikrimatus Sukriyah, 14311357
dc.date.accessioned 2020-07-09T06:08:16Z
dc.date.available 2020-07-09T06:08:16Z
dc.date.issued 2018-08-06
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/826
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini mengenai kesadaran fitrah manusia yang dilahirkan dengan berbagai tipe kecerdasan dan potensi masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk mengetahui tipe kecerdasan anak dan juga cara mengembangkannya. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana implementasi nilai-nilai agama dan moral dengan pendekatan multiple intelligences pada anak usia dini? Dengan tujuan untuk mengetahui cara yang tepat untuk menanamkan nilainilai agama dan moral pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pengembangan nilai-nilai agama dan moral dengan pendekatan multiple intelligences pada anak usia dini di RA Mumtaza Islamic School Pisangan Ciputat setidaknya langkah awal guru harus mengetahui tipe kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik, setelah diketahui kecenderungan tipe kecerdasannya, guru tinggal menyesuaikan media dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Selain itu juga perlu adanya pembiasaan, mengingat di dalam pengembangan nilai agama dan moral terdapat berbagai hal yang harus diajarkan dan dibiasakan, seperti: shalat dhuha, tahfizh, pengenalan huruf hijaiyah, cerita sejarah, akidah, adab dalam kehidupan sehari-hari (senyum, salam, sapa, makan-minum, masuk-keluar kamar mandi, saling memaafkan, saling menolong, budaya antri, mandiri dan yang lainnya). Sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan, sesuai dengan kecerdasan dan potensi yang dimilikinya en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi Nilai-Nilai Agama en_US
dc.subject Moral en_US
dc.subject Multiple Intelligences en_US
dc.title Implementasi Nilai-Nilai Agama dan Moral dengan Pendekatan Multiple Intelligences pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Mumtaza Islamic School Pisangan Ciputat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account