Abstract:
Sistem pendidikan Kuttab Ibnu Abbas merupakan sistem pendidikan yang
terinspirasi dari pendidikan kuttab pada zaman klasik. Kuttab adalah institusi
pendidikan yang memiliki sejarah panjang. Munculnya sistem pendidikan ini
diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat khususnya umat Islam
terhadap peningkatan kualitas kehidupan yang sejalan dengan ajaran Islam
dan sesuai dengan perkembangan zaman. Rumusan masalah pada penelitian
ini antara lain: (1) Bagaimana model pendidikan sistem kuttab yang
dilaksanakan di Kuttab Ibnu Abbas? (2) Bagaimana implementasi pendidikan
agama Islam dengan sistem kuttab di Kuttab Ibnu Abbas? (3) Apa faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam
dengan sistem kuttab di Kuttab Ibnu Abbas?. Dalam rangka menjawab
rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan
(field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pendidikan sistem kuttab yang
diterapkan di kuttab Ibnu Abbas adalah model pendidikan yang
menitikberatkan pada penguasaan materi Al-Qur`an dan Bahasa Arab sesuai
dengan tingkat intelektualitas para peserta didiknya. Kurikulum yang
digunakan adalah kurikulum lokal yang meliputi Al-Qur`an, Bahasa Arab,
dan Mata Pelajaran Umum (MPU). Pendekatan yang digunakan antara lain
pendekatan keteladanan (uswatun hasanah) dan pembiasaan. Metode
pembelajaran yang digunakan adalah metode talaqqi, tasmi’, murojaah,
ceramah, tanya jawab, kisah, perumpamaan, dan lain-lain. Evaluasi yang
digunakan di Kuttab Ibnu Abbas adalah tes dalam bentuk tulis dan lisan
meliputi tes hafalan, tes formatif dan tes sumatif. Faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan pendidikan di kuttab ini adalah sarana dan
prasarana, jumlah santri setiap halaqah, guru, dan orang tua.