DSpace Repository

Implementasi Pendidikan Agama Islam Sistem Kuttab (Studi Kasus di Kuttab Ibnu Abbas BSD, Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Akhmad Sodiq
dc.contributor.author Ilfi Zakiah Darmanita, 14311358
dc.date.accessioned 2020-07-09T06:10:53Z
dc.date.available 2020-07-09T06:10:53Z
dc.date.issued 2018-07-30
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/827
dc.description.abstract Sistem pendidikan Kuttab Ibnu Abbas merupakan sistem pendidikan yang terinspirasi dari pendidikan kuttab pada zaman klasik. Kuttab adalah institusi pendidikan yang memiliki sejarah panjang. Munculnya sistem pendidikan ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat khususnya umat Islam terhadap peningkatan kualitas kehidupan yang sejalan dengan ajaran Islam dan sesuai dengan perkembangan zaman. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana model pendidikan sistem kuttab yang dilaksanakan di Kuttab Ibnu Abbas? (2) Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam dengan sistem kuttab di Kuttab Ibnu Abbas? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam dengan sistem kuttab di Kuttab Ibnu Abbas?. Dalam rangka menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pendidikan sistem kuttab yang diterapkan di kuttab Ibnu Abbas adalah model pendidikan yang menitikberatkan pada penguasaan materi Al-Qur`an dan Bahasa Arab sesuai dengan tingkat intelektualitas para peserta didiknya. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum lokal yang meliputi Al-Qur`an, Bahasa Arab, dan Mata Pelajaran Umum (MPU). Pendekatan yang digunakan antara lain pendekatan keteladanan (uswatun hasanah) dan pembiasaan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode talaqqi, tasmi’, murojaah, ceramah, tanya jawab, kisah, perumpamaan, dan lain-lain. Evaluasi yang digunakan di Kuttab Ibnu Abbas adalah tes dalam bentuk tulis dan lisan meliputi tes hafalan, tes formatif dan tes sumatif. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan di kuttab ini adalah sarana dan prasarana, jumlah santri setiap halaqah, guru, dan orang tua. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Sistem Kuttab en_US
dc.title Implementasi Pendidikan Agama Islam Sistem Kuttab (Studi Kasus di Kuttab Ibnu Abbas BSD, Tangerang Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account