Abstract:
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan penelitian ini
diangkat dengan tujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam
meningkatkan kecerdasan spiritual siswa Raudhatul Athfal (RA)
Mumtaza Islamic School Tangerang Selatan, untuk mengetahui apa
saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan
kecerdasan spiritual siswa dan mengetahui pengupayaan terkait
peningkatan kecerdasan spiritual. Permasalahan yang sering dijumpai
dalam pengajaran, khususnya pada pengajaran Agama Islam adalah
bagaiamana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik agar
diperoleh hasil belajar yang efektif dan efisien. Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana peran sekolah dalam
meningkatkan kecerdasan spiritual siswa RA Mumtaza Islamic
School Tangerang Selatan? Untuk menjawab rumusan masalah
tersebut digunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif
didasarkan pada tradisi metodologi penelitian dengan cara
menyelidiki masalah sosial atau kemanusiaan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif. Peneliti menganalisis katakata,
melaporkan pandangan-pandangan para informan dan
melakukan penelitian dalam situasi yang alamiah. Dari hasil data
yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa peningkatan kecerdasan
spiritual siswa RA Mumtaza Islamic School yang dilakukan oleh
kepala sekolah dan guru-guru sudah baik dengan adanya pembiasaan
keagamaan terhadap keseharian siswa. Selain itu, faktor pendukung
agar tidak terhambatnya peningkatan kecerdasan spiritual pada siswa
yaitu adanya peran sekolah dan lingkungan keluarga