Abstract:
MTs Yayasan Khazanah Kebajikan adalah salah satu Madrasah
Ibtidaiyyah yang melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan konsep
pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta
berupaya untuk memfasilitasi perkembangan multi intelegensi siswa.
Nilai-nilai pembelajaran agama Islam pembentukan akhlak
diintegrasikan di setiap mata pelajaran MTs Yayasan Khazanah
Kebajikan dengan tematik.
Pembelajaran Al-Qur`an yang diterapkan dikembangkan melalui
praktik Sholat Dhuha berjamaah setiap hari, ikrar siswa sebelum
memasuki ruang kelas, membaca do‟a sebelum jam pelajaran, membaca
atau menghafal ayat-ayat pendek yang telah ditentukan, menyetorkan
hafalan Qur`an setiap hari kamis serta menerapkan pelajaran fiqih, SKI,
Al-Qur`an Hadits atau pembiasaan ibadah setiap hari. Proses
pelaksanaan pembelajarannya dilaksanakan dengan cara pendekatan
antara guru dan siswa, dank arena pendidikan akhlak merupakan hal
pokok yang menjadi Misi utama di Mts Yayasan Khazanah Kebajikan
dalam mendidik akhlakul karimah dan moral pada siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriftif analisis atau disebut juga penelitian kepustakaan,
(Library Research) yakni mengumpulkan data berdasarkan pengamatan
langsung dan menggunakan pendapat para ahli yang mendukung
pembuatan skripsi ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru untuk
menciptakan akhlak yang baik bagi siswa sangatlah penting, baik dalam
strategi pendekatan, memotivasi, dan membimbing. Seorang guru
hendaklah memberikan contoh suri tauladan yang baik dalam
menciptakan akhlak yang baik dan Islami bagi siswa. Karena, guru
merupakan figur utama yang ditiru dan diguguh oleh peserta didik